Penyakit Metabolik Pada Ternak Ruminansia


Yang dimaksud penyakit metabolik ialah penyakit yang disebabkan gangguan pada sistem homeostasis internal tubuh, meliputi perubahan abnormal pada satu atau lebih proses metabolisme yang penting di dalam tubuh.
Penyakit metabolik yang sering terjadi pada ternak ruminansia meliputi : Milk Fever, Grass Tetany, Ketosis, dan Tympani. Mari kita bahas sedikit satu per satu,

1. Milk Fever (Defisiensi Kalsium)
Penyebab : Ketidakseimbangan homeostasis kalsium pada awal masa laktasi, diakibatkan karena kekurangan asupan kalsium selama kebuntingan atau induk bunting yang terlalu tua.
Gejala Klinis : a) Ambruk dengan kepala yang membentuk "S" b) Gemetar sampai lumpuh c) Menjilat jilat kandang atau logam sekitar kandang.
Pengobatan : a) Infus kalsium b) Pakan ditaburi garam c) Penanganan dehidrasi.

2. Grass Tetany (Hypomagnesemia)
Penyebab : Defiisiensi magnesium pada ternak dalam masa laktasi yang diakibatkan karena kadar magnesium dalam pakan rendah (umumya terjadi jika rumput muda dan lunak merupakan satu-satunya sumber pakan).
Gejala Klinis : a) Ternak menjadi liar, kemudian jatuh dan tidak dapat berdiri lagi/ lumpuh b) Kronik > Hypersensitif > Konvulsi
Pengobatan : a) Infus larutan magnesium sulfat 25% b) Pemberian pakan jerami leguminosa, padi-padian dan membatasi makan hanya rumput subur.

3. Ketosis (Asetonemia)
Penyebab : Ketidakseimbangan metabolisme karbohidrat. Pada sapi biasanya terjadi pada puncak produksi, sedangkan pada domba pada akhir kebuntingan.
Gejala Klinis : a) Penurunan produksi susu dan bau aseton dari pernapasan, susu, dan urin b) Lethargy yang diikuti dengan berhentinya ruminasi c) Ambruk dengan gejala syaraf (konvulsi).
Pengobatan : a) Penyuntikan obat untuk meningkatkan kadar glukosa darah dan mempercepat metabolisme hati b) Perawatan individual secara terpisah pada hewan yang sakit dengan memberikan pakan khusus seperti molases.

4. Tympani (Kembung / Bloat)
Penyebab : Konsumsi pakan daun muda, pakan dengan konsentrat tinggi, dan indigesti.
Gejala Klinis : a) Membesarnya perut bagian kiri b) Tergeletak dengan nafas yang terengah-engah dikarenakan diafragma yang tertekan oleh gas.
Pengobatan : a) Trokar (penusukan rumen dengan alat trokar) b) Bila belum terlalu besar dapat diberi Tympanol atau baking soda kue, obat generiknya simethicone/ dimethicone.


Sumber : Buku Panduan Pelatihan Nutrisi Ternak BPTBA LIPI 2016

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOFTLENS (Perlu Diperhatikan)

Resep Black Forest Cake ala Dewinu