Tumis Daging Empuk


Memasak daging sapi agar hasilnya empuk biasanya menggunakan buah nanas sebagai bahan marinasinya. Tapi sayang dong, kan enak dimakan sebagai buah. Kalau ada bahan lain yang sama-sama bisa mengempukan daging, tidak ada salahnya dicoba. 

Mengapa nanas bisa mengempukan daging?
Buah nanas mengandung enzim bromelain, (enzim protease yang dapat menghidrolisa protein, protease atau peptide), sehingga dapat digunakan untuk melunakkan daging . Enzim tersebut akan bekerja secara optimal tergantung dari konsentrasi yang diberikan.  

Adakah enzim lain yang dapat mengempukan daging?
Papain merupakan enzim yang biasa terdapat dalam getah buah pepaya, khususnya pada buah pepaya yang masih muda. Papain merupakan satu dari enzim paling kuat yang dihasilkan oleh seluruh bagian tanaman pepaya. Enzim Papain yang terkandung dalam buah pepaya dan daunnya, dapat berfungsi untuk mengempukan daging seperti halnya enzim bromelain.

Tumis daging kali ini, saya coba mengempukannya dengan sari daun pepaya. Ternyata mudah sekali, cepat, dan hemat. Meskipun daun pepaya rasanya pahit, tapi sama sekali tidak mempengaruhi rasa dagingnya. Berikut adalah resep Tumis Daging dan tips memasaknya agar empuk tanpa merusak rasa dan aromanya.

Bahan Marinasi Daging :
1 lembar daun pepaya segar
50 ml air bersih

Bahan Utama :
500 gram daging sapi

Bumbu :
2 sdm margarin (bisa diganti dg minyak goreng)
4 siung bawang putih cincang
1 butir bawang bombai cincang
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt garam halus (selera)
1 sdt bubuk cabai (selera)
secukupnya kecap manis (saya 15 ml)

 Bahan Pelengkap :
1 batang daun bawang rajang 1 cm
1 butir tomat potong dadu
1 butir paprika hijau potong dadu (saya ganti seadanya dg kembang kol)
1 batang daun seledri rajang halus

Step :
1. Tumbuk daun pepaya, tambahkan air. Tumbuk lagi lalu saring ambil airnya sebanyak 50 ml.
2. Potong daging melintang arah serat. Buat potongan setebal 0,5 cm dengan bentuk kotak atau memanjang sesuai selera. Yang penting nanti nyaman dimakan.
3. Rendam daging dalam sari daun pepaya.
4. Siapkan bumbu dan bahan lainnya. Panaskan teflon atau wajan untuk menumis.
5. Masukan margarin, bawang putih dan bawang bombai cincang. Tumis hingga wangi. Masukan daging. Jika ada air sisa rendaman, ikut dimasukan. Taburi garam lalu tutup selama 5 menit. Gunakan api sedang cenderung besar.
6. Buka tutup teflon. Tambahkan bumbu lainnya, aduk rata dan koreksi rasa. Jika sudah pas dan air mulai susut mengental, tambahkan bahan pelengkap. Aduk rata. Masak sebentar saja asal layu.
7. Pastikan air sudah menyusut hampir habis. Matikan kompor.
8. Siap disajikan. Dijamin empuk dagingnya.

Nah berikut tadi resep untuk tumis daging. Jika ingin membuat masakan lain dengan bahan daging (ex : sate, rendang, steak, dll) bisa menggunakan cara marinasi yang sama menggunakan sari daun pepaya. Insyaalloh empuk dan tidak merusak rasa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOFTLENS (Perlu Diperhatikan)

Resep Black Forest Cake ala Dewinu

Penyakit Metabolik Pada Ternak Ruminansia